PAILITNYA YUNANI DARI MATA SEORANG AWAM

Yunani bangkrut. Sebuah negara maju. Dimana Bible perjanjian baru di tulis pertama kali menggunakan bahasanya. Tapi saya tidak membahas Bible nya, tapi bangkrutnya. Kok bisa, negara maju bangkrut. Luas wilayah yunani hampir 132,000 km2. Itu kira-kira … lebih luas sedikt dari pulau jawa. Ketika kita bicara sebuah negara bangkrut. Saya membayangkan Yunani adalah sebua perusahaan. Dan penyebab bangkrutnya adalah tidak bisa membayar hutang ke Bank. ya efeknya, Yunani akan segera disita oleh bank kemudian di jual kepada yang mau membeli seharga hutangya ke Bank tersebut. Atau jika ada yang mau menutup hutangnya ke bank tersebut maka yunani pun jadi milik siapa yang menutup hutang-hutangnya.

Ini hanya pendapat awam saja. Tentu saja kali secara nyatanya tidak bisa suatu negara dimiliki oleh satu pihak saja. Namun menurut saya secara ambigu, kata kepemilikan, bisa merujuk pada kepentingan. Misalkan, tidak ada yang menutup hutang Yunani. Maka IMF sebagai bank swasta internasional akan memberi pinjaman lagi atau dengan cara apapun. Menutup hutang lama, tapi Yunani dan seluruh kebijakan pemerintahannya harus tunduk pada kepentingan IMF. Meski di wikipedia IMF merupakan suatu organisasi namun bukan rahasia umum bahwa IMF milik keluarga Rothschild. Jadi jika seandainya salah seorang Rothschild ingin tidur dengan Miss Yunani, dengan segera Presiden Yunani akan memerintahkan demikian.

Seperti itulah cara IMF mengikat suatu negara agar selalu menurut apapun keinginan pemilik IMF. Termasuk Indonesia. Pada suatu saat nanti. Ketika ada satu pemimpin yang punya nasionalis tinggi di Indonesia. Bukan tidak mungkin Indonesia di bikin bankrut, atau perang sipil seperti Mesir dan Libya. Atau di bikin seperti Zimbabwe.

Tentu saja sebab-sebab minor dari bankrutnya Yunani pasti rumit. Termasuk standar hidup yang tinggi yang ber efek di biaya tinggi. Tapi intinya, hutang bank selalu menjadi penyebab bangkrutnya suatu institusi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s