IDE, MASALAH DAN SOLUSI

Mencari inspirasi, ide, atau gagasan tidaklah sulit. bahkan sangat mudah. Yang sulit adalah menjaga ide yang telah muncul agar tetap membuat kita konsisten pada tujuan ide tersebut.

Beberapa waktu yang lalu kawan saya menjadi seorang pengangguran. Dimana tempat dia bekerja dulu adalah sebuah toko ponsel. Toko tersebut menjadi korban pencurian dimana tidak ada satu barang berhargapun di tinggalkan oleh para pencurinya. Singkat waktu, pemilik toko tersebut tak memiliki cukup uang untuk memberi pesangon karyawannya. Bahkan dia terlilit hutang yang begitu banyaknya.

Kawan saya ini lalu mencari inspirasi untuk membuka usaha. Apa saja, katanya waktu itu. hingga dia memutuskan untuk berjualan camilan. dimana dia membeli camilan dari grosir makanan dan membungkusnya kecil-kecil untuk diecerkan ke warung-warung terdekat. Karena diatidak memiliki modal maka saya membantu dengan alat-alat packing seadanya yang tidak saya pakai.

Pada awalnya kawan saya sangat bersemangat dengan kegiatan barunya. Dia tidak banyak memikirkan berapa uang yang akan didapatnya nanti. pada hari pertama dia mendapatkan untung 20.000 rupiah. hari kedua merosot menjadi 10.000 rupiah. dan hari keempat semua dagangannya tidak laku. selama 3 hari dia tidak memiliki pendapatan.

Bukannya mencari tahu penyebab kemerosotan labanya, dia banting setir menjual durian. Sama seperti makanan tadi, hingga akhir bulan terhitung dia malah menambah hutang.

Dan sekarang ini dia sedang mencari inspirasi lagi, namun setiap gagasan yang muncul dikepalanya. rasa takut akan kerugian mencegahnya bertindak menuju tujuan dari ide-idenya.

Begitu ide itu muncul, maka masalah-masalah dibelakangnya akan muncul, dan pasti masalah-masalah tersebut akan membawa solusinya. Tugas kita adalah memunculkan ide dan menangkap solusi-solusi yang muncul di balik masalah yang ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s