FAKTA TENTANG LIBYA

Libya juga dikenal sebagai negara dengan rakyat Sosialis Arab Jamahiriya terbesar dan adalah sebuah negara di Afrika Utara. Satu sisi Libya berbatasan dengan Laut Mediterania,  Mesir di sebelah timur, Sudan di Tenggara, Niger dan Chad di Selatan, dan Aljazair dan Tunisia di sebelah barat. Tripoli adalah ibu kota Libya. Ketiga wilayah tradisional dan sejarah negeri ini Cyrenaicia, Fezzan dan Tripolitania.


Fakta tentang Libya

Libya, Nama ini diambil dari istilah orang Mesir kuno “Lebu”. Istilah ini digunakan untuk merujuk suku Berber yang hidup barat Sungai Nil. Adalah orang Yunani yang mengadopsi nama “Libya” dan menggunakannya untuk merujuk ke barat dan seluruh Afrika Utara dari Mesir.

Libya adalah bekas jajahan Italia, yang meraih kemerdekaan pada tahun 1951. Oleh karena itu memiliki budaya yang kaya Kekaisaran Bizantium.

Libya adalah negara kaya minyak dan memiliki pendapatan per kapita tertinggi di antara negara-negara Afrika.

Ada kelangkaan air di Libya. The Man-Made Great River proyek adalah proyek pengembangan air terbesar yang pernah direncanakan di Libya. Proyek ini membawa air dari perairan di gurun Sahara ke kota-kota pesisir.

Fakta lainnya, sebagian besar hidup Libya di Tripoli dan Benghazi dan di pantai Mediterania.

Libya berada di bawah kontrol yang otoriter, Muammar Qaddafi, sejak tahun 1969. Pada tahun 1992, PBB menjatuhkan sanksi pada Libya untuk mengembangkan terorisme. Isolasi internasional Libya itu berakhir pada tahun 2003 setelah sepakat untuk meninggalkan program senjata-nya.

Fakta Singkat Tentang Libya

Populasi Libya 6.036.914 dan luas total bangsa ini 1.759.540 kilometer persegi.

Bahasa yang diucapkan adalah bahasa Arab, Italia dan Inggris.Agama yang diikuti di Libya Sunni Muslim.

Mata uang Libya adalah Dinar Libya.

Tingkat harapan hidup adalah 76% sedangkan melek huruf adalah 83%.

PDB per kapita Libya adalah US $ $ 78,790,000,000.

Industri utama dari Libya adalah minyak bumi, pertanian, pengolahan makanan, tekstil, kerajinan tangan, semen dan pertanian.

Tanaman musiman yang banyak dibudidayakan adalah , zaitun, gandum dan nyaris.

Libya ekspor minyak mentah dan produk petroleum olahan.

sejarah Libya mengungkapkan Libya menjadi rumah Romawi kuno dan kerajaan Yunani. Libya diduduki oleh Carthage, Saudi, Maroko, Spanyol dan Mesir. Dari 1551-1991 itu adalah bagian dari Kekaisaran Ottoman. Ini menjadi koloni Italia pada tahun 1911. Selama Perang Dunia II itu adalah salah satu battlegrounds utama Afrika Utara dan berada di bawah kendali pemerintahan militer Anglo-Perancis. Libya juga dasar bajak laut selama abad ke-18.

Gurun Sahara terletak di Libya dan menelan 90% dari negara.Libya adalah rumah bagi berbagai jenis kehidupan liar dessert. Ini memiliki pemandangan gurun paling luar biasa untuk menawarkan kepada wisatawan. Ghadames dan Ghat kota oasis yang paling mempesona di mana kekayaan Afrika dipamerkan.

Kebanyakan tempat yang sering dikunjungi di Gurun Sahara adalah Waw an-Namus , sebuah gunung berapi. dengan gurun pasir hitam yang mengelilingi danau berwarna-warni. Jebel Acacus, sebuah galeri terbuka seni batuan prasejarah, dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia .

Apakah Anda tahu olahraga favorit warga Libya adalah sepak bola? Mereka juga suka pacuan kuda dan juga bersaing dalam balapan kereta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s